,

Indonesia Masuk Dalam Daftar 116 Negara Larangan Berpergian Bagi Warga Amerika Serikat

oleh -
amerika serikat, larangan perjalanan amerika serikat, virus corona, covid-19, Internasional

Daftar Negara Larangan Berpergian Bagi Warga Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dalam minggu ini menambahkan setidaknya 116 negara ke dalam daftar atau list rekomendasi level empat “jangan bepergian” (Do Not Travel).

Meningkatnya kasus corona (Covid-19) menjadi penyebab. Sebelumnya Departemen Luar Negeri AS mengatakan memang akan meningkatkan jumlah negara hingga 80% dari total negeri di dunia.

Dikutip dari Reuters, Kamis (22/4/2021), Inggris, Kanada, Perancis, Israel, Meksiko, Jerman, dan sejumlah negara lainnya masuk ke dalam daftar itu karena tingginya risiko Covid-19.

Pada Senin (19/4/2021), Departemen Luar Negeri menyebutkan, akan meningkatkan jumlah negara yang menerima label level empat menjadi 80 persen negara di seluruh dunia. Sebelumnya, hanya 34 dari 200 negara yang masuk ke dalam kategori larangan bepergian.

Sekarang angka itu bertambah menjadi 150 negara.

Departemen Luar Negeri mengatakan, langkah itu mencerminkan penyesuaian dalam sistem nasihat perjalanan untuk lebih mengandalkan penilaian epidemiologis yang ada.

Namun, rekomendasi itu tidak wajib dan tidak melarang orang AS bepergian.

Negara lain dalam daftar “jangan bepergian” termasuk Indonesia, Finlandia, Mesir, Belgia, Turki, Italia, Swedia, Swiss, dan Spanyol.

Beberapa negara seperti China dan Jepang tetap berada di Level 3 “pertimbangkan kembali”.

Negara Kategori Level 4

Berikut negara yang masuk kategori level 4:

Afghanistan,  Albania, Aljazair, Austria, Belgia, Perancis, Jerman, Islandia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Spanyol, Inggris, Finlandia, Swiss, Belgia, Italia, Uni Emirat Arab, Mesir, Turki, Indonesia, India, Iran, Irak, Malaysia, Filipina, Qatar.

amerika serikat, larangan perjalanan amerika serikat, virus corona, covid-19, Internasional

List lengkap negara yang masuk larangan berpergian Amerika Serikat bisa dilihat pada link berikut ini: negara yang masuk daftar larangan bepergian AS.

Untuk Negara Asia Tenggara, tercatat hanya ada tiga negara yang masuk daftar level 4, yaitu Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Sebagian besar orang Amerika sudah dilarang bepergian ke sebagian besar Eropa karena pembatasan Covid-19.

Negeri Paman Sam itu juga telah melarang hampir semua warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di sebagian besar Eropa, China, Brasil, Iran, dan Afrika Selatan.

AS sendiri juga sudah melarang pelancong dari Indonesia untuk berkunjung dan masuk ke Negeri Paman Sam sejak Januari lalu. Namun, daftar rekomendasi negara tersebut tidak wajib bagi orang Amerika yang bepergian.

Pada Selasa (20/4/2021), AS memperpanjang pembatasan 30 hari lebih lanjut yang melarang perjalanan tidak penting di perbatasan Kanada dan Meksiko.

Kepala Airlines for America Nick Calio, sebuah kelompok perdagangan yang mewakili maskapai peerbangan utama AS mengatakan kepada Senat AS, pemerintah perlu menemukan peta jalan untuk membuka kembali perjalanan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *